Oleh :
Yulianita Sari (Ayue)
yulianitasari87.blogspot.com
Ketika kalian
bertanya kepada pemilik bisnis, eksekutif, atau wirausahawan manapun mengenai
berapa banyak cara yang ada untuk menumbuhkan suatu bisnis, dan sebagian besar
di antara mereka akan menjawab bahwa ada puluhan, ratusan, atau bahkan jutaan
cara.
Setelah saya
tau dari suami dan di anjurkan untuk membaca buku “49 Successful Marketing
Secrets” bahwa ada tiga cara untuk
menumbuhkan bisnis manapun, di industri manapun, dengan produk atau jasa
apapun. Ketiga cara itu adalah :
1.
Memperbanyak
jumlah klien baru
2.
Membuat
mereka membeli lebih banyak
3.
Dan
membuat mereka membeli lebih sering
Saya ingat
kata-kata kang Rendy Saputra
Jika kita
berbisnis di kisaran tahun 1995 sd 2005, kita tentu masih ingat dengan
pola-pola berikut :
-Jika ingin
membangun restoran harus memiliki tempat yang posisi strategis
-Jika ingin
membangun tim pesan antar harus berinvestasi pada banyak motor, serta box kecil
yang di branding
-Jika ingin
mengarahkan tim, kita harus ke kantor, tatap muka dan membutuhkan ruang kerja
yang cukup besar
-Lalu apa yang
terjadi di zaman sekarang atau tahun ini ?
*Jika ingin
membangun restoran, kita mungkin tidak perlu memiliki lokasi yang strategis,
karena sosial media sangat efektif menciptakan berita magis yang memboyong
market ke lokasi terpencil yang kita punya
*Jika ingin
membangun tim pesan antar, saat ini kita tidak perlu menyediakan customer care
atau kendaraan delivery, anda cukup sign up di Go Food, lalu meregister produk
kita. Aplikasi GoJek akan menjadi tim delivery kita.
*Jika ingin mengadakan
arahan teknis, kita cukup bangun grup WA, lalu bisa voice dan text kepada tim
kita secara langsung, tanpa hambatan ruang meeting terdisrupsi, jika tidak
relevan lagi.
Teknologi berevolusi
cepat dengan hasrat ingin mempermudah kehidupan manusia. Dan sekarang
antusiasmenya makin menggila
Melayani
manusia dengan cepat
Menyelesaikan
masalah manusia dengan instant
Memperpendek
durasi waktu proses
Mempermudah
biaya produksi
Mempercepat
akumulasi pengetahuan
Semua ini
mendorong evolusi teknologi yang tidak bisa kita tahan.
Konsekuensi
dari evolusi teknologi ini adalah evolusi market. Dan evolusi market tentulah
menuntun evolusi bisnis model.
Teknologi
berubah, maka cara manusia berkomunikasi berubah. Cara manusia memenuhi kebutuhannya
pun berubah.
Perubahan cara
hidup manusia ini pasti mengubah perilaku hidup sehari-hari, dan perubahan
perilaku hidup sehari-hari ini, pasti mengubah peta bisnis di lapangan.
Inilah yang
terjadi hari ini. Teknologi yang terus berevolusi dan akhirnya perilaku market
yang akhirnya berevolusi.
Untuk solusi
kegelisahan tulisan di atas bangunlah organisasi bisnis yang DNA nya cepat
berevolusi, bangunlahmekanisme organisasi yang lentur, bangunlah budaya untuk
terus mengikuti ritme perubahan.
Bisnis bisa di
liat dari team yang dimiliki.
Di tulis di :
Food Court Maslahah Pasuruan
06 Januari 2019
Mampir di :
@ayuecollection
@ayueproduction
@Matcho.official
Tidak ada komentar:
Posting Komentar