Senin, 07 Januari 2019

Pertumbuhan Bisnis



Oleh : Yulianita Sari (Ayue)
yulianitasari87.blogspot.com

Ketika kalian bertanya kepada pemilik bisnis, eksekutif, atau wirausahawan manapun mengenai berapa banyak cara yang ada untuk menumbuhkan suatu bisnis, dan sebagian besar di antara mereka akan menjawab bahwa ada puluhan, ratusan, atau bahkan jutaan cara.
Setelah saya tau dari suami dan di anjurkan untuk membaca buku “49 Successful Marketing Secrets”  bahwa ada tiga cara untuk menumbuhkan bisnis manapun, di industri manapun, dengan produk atau jasa apapun. Ketiga cara itu adalah :

1.      Memperbanyak jumlah klien baru
2.      Membuat mereka membeli lebih banyak
3.      Dan membuat mereka membeli lebih sering
Saya ingat kata-kata kang Rendy Saputra
Jika kita berbisnis di kisaran tahun 1995 sd 2005, kita tentu masih ingat dengan pola-pola berikut :

-Jika ingin membangun restoran harus memiliki tempat yang posisi strategis
-Jika ingin membangun tim pesan antar harus berinvestasi pada banyak motor, serta box kecil yang di branding
-Jika ingin mengarahkan tim, kita harus ke kantor, tatap muka dan membutuhkan ruang kerja yang cukup besar

-Lalu apa yang terjadi di zaman sekarang atau tahun ini ?

*Jika ingin membangun restoran, kita mungkin tidak perlu memiliki lokasi yang strategis, karena sosial media sangat efektif menciptakan berita magis yang memboyong market ke lokasi terpencil yang kita punya

*Jika ingin membangun tim pesan antar, saat ini kita tidak perlu menyediakan customer care atau kendaraan delivery, anda cukup sign up di Go Food, lalu meregister produk kita. Aplikasi GoJek akan menjadi tim delivery kita.

*Jika ingin mengadakan arahan teknis, kita cukup bangun grup WA, lalu bisa voice dan text kepada tim kita secara langsung, tanpa hambatan ruang meeting terdisrupsi, jika tidak relevan lagi.

Teknologi berevolusi cepat dengan hasrat ingin mempermudah kehidupan manusia. Dan sekarang antusiasmenya makin menggila
Melayani manusia dengan cepat
Menyelesaikan masalah manusia dengan instant
Memperpendek durasi waktu proses
Mempermudah biaya produksi
Mempercepat akumulasi pengetahuan

Semua ini mendorong evolusi teknologi yang tidak bisa kita tahan.

Konsekuensi dari evolusi teknologi ini adalah evolusi market. Dan evolusi market tentulah menuntun evolusi bisnis model.

Teknologi berubah, maka cara manusia berkomunikasi berubah. Cara manusia memenuhi kebutuhannya pun berubah.

Perubahan cara hidup manusia ini pasti mengubah perilaku hidup sehari-hari, dan perubahan perilaku hidup sehari-hari ini, pasti mengubah peta bisnis di lapangan.

Inilah yang terjadi hari ini. Teknologi yang terus berevolusi dan akhirnya perilaku market yang akhirnya berevolusi.

Untuk solusi kegelisahan tulisan di atas bangunlah organisasi bisnis yang DNA nya cepat berevolusi, bangunlahmekanisme organisasi yang lentur, bangunlah budaya untuk terus mengikuti ritme perubahan.

Bisnis bisa di liat dari team yang dimiliki.

Di tulis di : Food Court Maslahah Pasuruan
06 Januari 2019

Mampir di :
@ayuecollection
@ayueproduction
@Matcho.official







Tidak ada komentar:

Posting Komentar